Sunday, January 9, 2011

SKCK


Salah satu amunisi yang mesti dipersiapkan sebagai bekal nyari kerja adalah SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian). Nah gw ada cerita seru pas ngusrus SKCK di Polsek. Bermula dari tulisan gw di detik.com. Jadi waktu itu gw pengen memperpanajang SKCK yg habis masa waktunya. Sialnya si pulisi pernah baca kritikan gw di media tsb.
Gw     : "Pak saya mau memperpanjang SKCK"
Pulisi : "Mana fotocopy KTP, Pas photo, sama fotocopy SKCK yang lama?"
Gw     : "ini pak, udah saya siapin” *senyum mantap, kayaknya proses bakal lancar nih*
Pulisi : "Sebentar saya ketik dulu di form yang baru” sesaat kemudian.. “Eh kamu dulu pernah nulis di media soal pungutan uang di Polsek ini ya?"
Gw     : "egh.. iya pak..” *agak gugup gw jawabnya”
Pulisi : WOOOI.. NIH DIA NI ORANG YANG NULIS DI INTERNET WAKTU ITU..!!

Serta-merta aja sekumpulan pulisi masuk ke ruang itu. Perasaan gw mulai gak enak. Ya Allah lindungilah hambamu yang soleh dan lugu ini ya Allaah..
“Anak siapa sih kamu?” “Posisi rumah dimana?” “Kerja jadi wartawan?” “Jangan kira kami takut yah!” “Komandan udah tau semua ini, dia aja gak masalah tuh” “Hati-hati kamu ya kalo nulis-nulis” bla bla bla … … … … … … … … … … … 

Serentetan omelan dan sumpah serapah itu pun gw terima dengan pasrah, cari aman lah pokoknya.

Akhirnya perpanjangan SKCK gw gak diproses, dan gw disuruh ke Polres yang notabene tempatnya lebih jauh. Ternyata oh ternyata ongkos pembuatan SKCK di Polres malah lebih mahal. Walaupun di loket ada tulisan sepuluh ribu, nyatanya gw dimintain tiga puluh ribu.
 

Hah,, kerja belom udah dipalakin sana-sini.. kutu kupret bener dah pelayanan publik negeri ini.

7 comments:

  1. Hahaha knapa juga elu ngaku we? bilang aja bukan elu, namanya aja sama..

    Mau kerja dimana we, pake TOEFL segala?

    ReplyDelete
  2. udah skak mat cal. di detik.com foto, alamat dsb ditampilin. Sbelomnya gw gak tau kalo bakal dipublish kayak gitu.

    Kalo gw sih, sertifikat TOEFL bwt daftar CPNS. Tapi sekarang perusahaan kelas teri sekalipun minta kelengkapan itu jg kok..

    ReplyDelete
  3. kasian amat nasibmu mas... btw parah jg y polisi. mpe niat buat note nama mas yg pernah nulis ttg mereka... memang aneh indonesia saat ini

    ReplyDelete
  4. Mungkin saking 'mengesankannya' tulisan saya sampe teringat terus di kepala mereka. Pas ketemu.. Aha! jadilah saya keranjang sampah omelan mereka.

    ReplyDelete
  5. Ya ilah pantasan aja para penegak hukum dinegara kita jadi bahan tertawaan, sikapnya aja begitu (ngga mau dikritik). Kalau hal itu menimpa saya, saya bakal laporkan hal tersebut ke atasan mereka bro kalau perlu di publish dimedia masa biar mereka tambah kapok... memang sekarng jaman orba mau nakut-nakuti warga sipil????

    ReplyDelete
  6. udah aturan pemerintah..
    byr 10.000
    tuh ada keteranganya

    jgn kyk aku.,
    yg sok tau, mlh aku diTuntut balik.

    gara2 ngasih info pungutan liar. :(


    yg bilang mw ngsh tw atasanya n publis media masa,aq setuju aja,tp nk dituntut balik dn qm trnyata salah mengartikan uang itu,aq gk mw ikut camput nk qm dituntut balik.hehe

    ReplyDelete
  7. Sesuai Lampiran PP 50 tahun 2010 ttg jenis dan tarif penerimaan negara bukan pajak (PNBP) di lingkungan POLRI. Untuk penerbitan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) per penerbitan Rp10 ribu. Tapi waktu saya cap tiga jari dimintai lagi 10 ribu (mudah-mudahan sekarang sudah tidak) dan bisa dicek di berbagai media pungutannya bisa lebih dari angka segitu, ini salah satunya -> http://daerah.sindonews.com/read/782677/24/biaya-pembuatan-skck-di-oki-tembus-rp100-ribu

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..