Wednesday, February 3, 2010

Catatan Akhir Kuliah

Butuh waktu 4setengah tahun bagi saya untuk merampungkan kuliah ini. Tepat di semester ke-9 saya lulus. Saya memang sengaja lulus di semester ini, soalnya saya khan angkatan ganjil (2005), jadi lulusnya mesti semester ganjil juga dong.

Kini pilihannya adalah Lulus semester 7, 9, atau 11 ( 13 mungkin aja sih, tapi udah pindah kampus alias udah di D.O.) Kalo saya lulus di semester 7 itu mukjizat namanya, nah kalo lulus di semester 11, wah itu sih kelamaan, jadi pasnya ya semester 9. Lagian juga khan saya lahir tanggal 9, jadi match aja gitu kalo lulusnya di semester 9, betul nggak ?? YA NGGAK LAH, NGGAK NYAMBUNG AWeee!!!…

Oke-oke sampai di sini aja ngelesnya, saatnya pengakuan dosa. Intinya skripsi saya molor!! sehingga harus nambah satu semester lagi, that’s it.. Tapi saya bersyukur udah ngejalanin kuliah ini dengan segala macem warna-warninya. Mulai dari ikutan ospek, ikutan demo, diusir dari kelas, jadi ketua ospek, jadi wartawan kampus, jadi pegawai Dekanat, bahkan secara ajaib jadi Mapres Jurusan. Wow, So colorful..

Di Hari sabtu yang cerah, tanggal 30 kemarin saya wisudaan. Sebenernya seremonial wisuda gak wajib diikuti, tapi atas nama membahagiakan orang tua saya pun bersuka cita menyambutnya.. Oh iya di hari sebelumnya, hari kamis, kami para wisudawan gladeresik di Balairung. Kemudian pulangnya kami mampir ke rumah makan SS (Spesial Sambel) di bilangan Margonda Depok.

Kami pun berlomba, siapa yang paling tahan pedes. Kontestannya ada 7 makhluk (saya, ojan, bebek, sumanto, akmal, arin, risma). And The Winer is.... Sumantoooooo,, Saya sendiri juara dua, sial bener si sumanto, tobat makan manusia, eh sekarang dia malah maniak sambel rupanya hehe..

Bagi yang belom pernah ke SS saya rekomendasikan pesen sambel bawang & sambel belut, mak nyuus pedasnyo.. Untung aja pas wisuda saya nggak mules-mules..

Dan kini, resmilah saya jadi pengangguran, ada sih proyek serabutan jadi freelancer gitu, tukang data entry, tapi tetep aja judulnya belom pekerja pasti. Bagi temen-temen yang senasib, saya ucapkan selamat. Karena kita masih punya 626.621 lulusan Universitas yang senasib. Kalau kita bikin partai (Partai Pengangguran) niscaya kita sudah bisa mendapatkan satu kursi di Senayan, lumayan bukan ?#*%#@$

Saya teringat pesan nabi. Sebaik-baik manusia adalah yang berguna bagi sesama. Kita tak akan menganggur jika kita bisa menjadi manusia berguna. Problem sistemik pengangguran di Indonesia, selain sempitnya lapangan pekerjaan, juga karena kualitas perguruan tinggi itu sendiri yang nggak merancang mahasiswanya untuk siap kerja.

Pendidikan tinggi kita memang dirancang untuk tidak siap kerja, tapi siap latih. Oleh karena itu kembali lagi ke pribadi masing-masing untuk berlomba memiliki kemampuan plus. Namun yakinlah Tuhan memberikan yang terbaik untuk kita semua. Tak ada penciptaan yang sia-sia dalam semesta...

Sebagai penutup, berikut ada tulisan Bolles mengenai 3 dosa pencari kerja & bagaimana cara menyiasatinya, silahkan klik di sini

Tetap Semangat & Selamat Berjuang!!!

7 comments:

  1. Selamat Awe, I am happy for you :D

    Kerjaan halal apa aja yang penting kerja deh we..

    ReplyDelete
  2. wah selamat ya, pingin cepet2 jadi mahasiswi deh :D

    ReplyDelete
  3. @ocal: waoii kapan pulang kampung cal, cepertan lulus cal, apa jangan2 langsung post graduate. yauda kalo pulang ke Indonesia kita kumpul2 lah, wish u all de best..

    @ocky: nah kalo kamu semoga cepet kuliah, masuk di jurusan & universitas yg kamu suka.. ayo ocky belajar yg rajin hehe..

    ReplyDelete
  4. Hore wisuda akhirnya. Lega. Selamat ya. :D
    Pasti udah nraktir banyak orang sampe bangkrut. :))

    ReplyDelete
  5. kebetulan sidangnya bareng paman, wisudanya juga bareng, jadi pas makan-makan ya pake dompet bareng-bareng eh maksudnya dompet masing-masing =D

    ReplyDelete
  6. Haiii...kyaknya gw familiar niyh dg judul topik-nya...Ahhhhaaaaa....Judul blog gw niyh....
    HAhha,,blog gw gak nambah...nggu gnti judul yg enak apa yah...

    ReplyDelete
  7. @giw18: haha.. tp saya ndak perlu bayar royalti khan..
    Iya tuh tag line blog lo harus diganti, kan udah bukan mahasiswa lagi..

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..