Thursday, February 18, 2010

3 Idiots : All is well..


Berawal dari twitter yang banyak ngasih four thumbs up for this movie, jelas bikin saya penasaran. Setelah diselidiki, ternyata 3 idiots film India terlaris sepanjang sejarah Bollywood. Film ini cuma ada di Blitzmegaplex dan sebentar lagi udah gak tayang (tanggal 23 Februari terakhir kalo gak salah), tapi kalo di Blitz PVJ Bandung baru mulai akhir bulan ini. Akhirnya saya putuskan buat beli dvd-nya dulu. Saya mulai puter film berdurasi hampir tiga jam itu mulai tengah malem..

Pemeran utama dari film ini ialah mahasiswa teknik bernama Rancho (Aamir Khan), aktor yang sebenernya udah berumur 44 tahun (saya yakin yang udah nonton bakal ketipu) dan dua sohibnya Farhan & Raju. 3 mahasiswa ini berbagi kamar di asrama ICE, institut engineering terbaik di India, dan mereka harus berhadapan sama Prof. Virus yang super killer juga si Chatur mahasiswa ambisius yang ngeselin.

Di situ diceritain kalau sistem pendidikannya nggak menjadikan mahasiswa sebagai manusia, tapi jadi mesin, yang paradigma kuliahnya: lulus dengan nilai bagus, dapet kerjaan, gaji tinggi, dan hidup bahagia (familiar dengan hidup kita kan?). Sistem pendidikannya nggak membuat manusia itu semangat mencari ilmu, melainkan cuma mendapatkan gelar dan pekerjaan semata nantinya.

Selain itu, di film ini diceritakan tentang orang tua yang (maaf) kolot, yang merasa mengerti bagaimana membuat anaknya bahagia dengan cara memilihkan jalan hidup anaknya. Padahal belum tentu jalan yang dipilihkan itu disukai oleh anaknya.

Faktor besar yang membuat film ini keren adalah karena banyaknya inspirasi, juga nilai sosial dan humanisme yang ada di sana. Beberapa nilai tersebut misalnya :


  • Berpikir positif dalam berbagai kondisi akan sangat membantu. Walaupun berpikir positif belum tentu menyelesaikan masalah, setidaknya itu akan membantu kita tidak memperpanjang masalah. Satu hal yang selalu diangkat dalam 3 Idiots adalah quotes-nya Rancho: all is well 
  • Jangan cuma mengejar impian sendiri, bantu orang lain mewujudkan impiannya. Rancho melakukan itu semua, menyadarkan Raju untuk mengatasi ketakutan-ketakutan dalam hidupnya, dan menyadarkan Farhan untuk mengikuti kata hatinya.
  • Ikuti kata hati kita, jangan berpura-pura, lakukan apa yang memang benar-benar kita sukai. Kalau bertentangan dengan apa yang orang tua kita inginkan? Bicaralah baik-baik dengan mereka, tunjukkan bukti kalau kita memang serius di bidang itu. Tunjukkan suatu prestasi yang sekiranya akan ‘melunakkan’ hati mereka. Semua orang tua bisa dipastikan ingin anaknya bahagia di masa depan. Kalau jalan yang mereka berikan tidak kita sukai, yakinkan mereka bahwa jalan yang kita pilih akan membuat kita bahagia. Farhan did that!
  • Jangan pernah takut menghadapi hidup. Hilangkan ketakutan-ketakutan tak beralasan yang membuat kita tidak berkembang. Takut menghadapi sendirian? Cari sahabat untuk berjuang bersama.
  • Bergaullah dengan teman-teman inspiratif, yang bareng-bareng akan saling mendukung dalam kebaikan. 3 Idiots itu, masing-masing saling menginspirasi satu sama lain dengan caranya masing-masing.
  • Hidup ini jangan mengejar kesuksesan. Sukses itu cuma efek, bonus, dari apa yang kita tekuni. Seperti yang dibilang di film: Pursue excellence, and success will follow, pants down. Find your passion
  • Practice what you preach. Jangan cuma bisa ngomong atau menasihati doang, lakukanlah apa yang udah diomongin. Atau yang lebih baik lagi, bicaralah lewat tindakan kita. Rancho yang emang sangat positif dan bersemangat, begitu ditantangin sama Raju & Farhan supaya melakukan apa yang dia suka omongin, dia langsung membuktikannya!

Terakhir, ini komentar yang bisa saya kasih tentang film 3 Idiots-nya:

  • Kocak bin Gokil. Bener-bener ini film menghibur banget! Asli ga bisa dijelasin, harus nonton sendiri.
  • Musik asyik! Bukan film India namanya kalo gak pake musik atau joget2. Tapi beneran, semua musiknya bagus-bagus. Jauh dari kesan norak seperti yang sebagian orang tuduhkan sama film India.
  • Screen play. Alur filmnya maju-mundur-maju-mundur tapi bener-bener membentuk cerita yang utuh.
  • Bener2 bisa memainkan perasaan. Nonton 3 Idiots itu kaya naik roller coaster. Abis ketawa ngakak, emosi langsung dijatuhin lagi karena adegan berikutnya yang sedih banget, tiba-tiba deg-degan, abis itu menangis terharu lagi.
  • Endingnya sangat unpredictable. Gak nyangka lihat endingnya, bener-bener bikin terperangah..

Selamat nonton bagi yang belom nonton, dan selamat nonton lagi bagi yang udah nonton =D

sumber :
wikipedia.org
ilmanakbar.dagdigdug.com
yorissebastian.com

15 comments:

  1. link donlotnya udh ada blm yah,,gan...HEhhee...searching yg lokal ahhh

    ReplyDelete
  2. ini khan film baru, mungkin blm ada.. ntar kalo dah ada dipubblish di sini ya gan.. btw beli aja dulu dvd-nya di Point Lb.Bulus udah ada tuh, atau nonton sekalian di Blitz PP..

    ReplyDelete
  3. salam kenal.. hehehe komen posting saya doong :)

    ReplyDelete
  4. gw udah nemu link donlot-nya,,udah gw donlot,,dan baru aja gw tonton....syang gw cm bs dpt subtitile englaish yg rada2,,jd smpet gak mudeng n m'raba2..
    komennya:Gila niyh pilm kereeen Abiss...Panjang dan penuh isi...trutma krena ada kareena kapoor-nya..HEhhe..

    yaah resensi-nya udah bs trangkum baik oleh bung awe...:recomended movie:...

    ReplyDelete
  5. wah kayanya boleh ditonton nih... dari reviewnya banyak yang bilang bagus...

    ReplyDelete
  6. @sauskecap: yes u have to watch it!! enaknya abis nyobain resep baru, dimakan sambil nonton fim ini, nah terus saya dibagi deh makanannya hehe..

    @giw18: gw udah cek inbox FB, tengkyu ya link downloadnya.. ditunggu kiriman link download film lainnya, btw Kareena Kapoor-nya oke juga yak ;)

    @mcdoans: hai mcdoans, salam kenal juga ya.. okelah saya segera meluncur ke tempat anda see you..

    ReplyDelete
  7. wah..saya belum sempat lihat film ini.. keburu nonton my name is khan..

    ReplyDelete
  8. yaaahh..t9l 23 terakhir ya?
    berarti da turun doon :(

    knapa yah klu film2 ba9us cuma tayan9 dibioskop2 tertentu.. :(


    well,terpaksa nonton dirumah,huntin9 CDnya duluuuu :)

    makasi yaaa :)

    ReplyDelete
  9. terakhir ngecek hari ini ternyata masih ada di Pasific Place jakarta.
    liat jadwal di sini: http://www.blitzmegaplex.com/en/schedule.php?location=0300

    di PVJ Bandung malah belum ada, DVD-nya udah banyak beredar, bisa dicari di Kober UI, PointSquare Lb.Bulus, ITC Ambass dll..tapi tentu kualitas gambar&subtitle-nya krg bagus..
    Tunggu aja CD originalnya..

    ReplyDelete
  10. ulasnnya lengkap, moga sempat lihat :)

    ReplyDelete
  11. wah pengen liat..link downloadnya ada ga? :)

    ReplyDelete
  12. AMAZING...GREAT....UNPREDICTABLE....EMOTIONAL...

    i love this movie.....

    ny film rencana'y mau gw lytan k ayah ibuku t'syang...biar beliau b'2 paham....ga slm'y yg t'baik bwt beliau bs baik jg bwt gw ma adik2 gw...

    ReplyDelete
  13. saya suka sekali film ini....menginspirasi dan memotivasi....en sekolah yang dibuat "rancho" bagus banget......saya ingin buat sekolah itu...he he doakan ya

    ReplyDelete
  14. Sepakat, filmnya bagus… sangat menginspirasi… :)

    Oh ya kemaren saya nonton di metro tv dokumenter tentang orang indonesia yang ceritanya mirip ama 3 idiot. Seorang bapak dengan hidup sederhana ngajarin guru dan anak2 sekolahan teknologi dengan pake roket dari air dan peswat dari gabus .. trus juga bikin pesawat “aneh” dengan 3 baling2… persis kayak yang di terbangin si Ranchodas :)

    ini trailer nya :

    http://www.youtube.com/watch?v=-doa3sc1IzE

    Group Fb
    http://www.facebook.com/group.php?gid=148041015224394

    Blog
    http://www.habibieselokanmataram.blogspot.com

    ReplyDelete
  15. filem india yg paling inspiratif buat ane tuh gan...

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..