Monday, January 18, 2010

Wisata Kota Tua


Di Minggu pagi yang basah, saya bertolak dari UI ke Stasiun Kota. Kami janjian jam 10 di depan museum Bank Mandiri. Tapi, belum ada jam 10 saya sudah sampai di Kota, untuk kali ini saya tidak ngaret kawan. SMS menginfokan rombongan temen-temen yang naik busway udah sampai di museum Bank Mandiri. Saya masih tertahan di stasiun kota nungguin si Macil anak Tebet. Jam setengah 11 tuh anak baru nongol. Kamipun segera bergegas ke museum, dan dengan ‘cerdas’nya kami berbecek-becek ria nyebrang jalan super ramai, padahal di deket stasiun/shelter busway ada tembusan ke depan museum lewat ‘kolong’ (jalan penghubung bawah tanah).

Tempat pertama yang kami jamahi tentunya yang paling deket, Museum Bank Mandiri. Cukup dengan menunjukkan kartu Mandiri atau KTM kita bisa masuk gratis, kalo gak punya mesti bayar dua ribu kalo gak salah. Museum ini dulunya adalah gedung Nederlandsche Handel-Maatschappij (NHM) atau yang merupakan perusahaan dagang milik Belanda. NHM dinasionalisasi tahun 1960 menjadi kantor Bank Koperasi Tani & Nelayan (BKTN) Urusan Ekspor Impor. Kemudian bersamaan dengan lahirnya Bank Ekspor Impor Indonesia (BankExim) pada tahun 1968, gedung tersebut pun beralih menjadi kantor pusat Bank Exim, hingga akhirnya dimerger bersama Bank Dagang Negara (BDN), Bank Bumi Daya (BBD) dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) ke dalam Bank Mandiri (1999). Kini gedung tersebut pun menjadi asset Bank Mandiri. Jadi maklum aja kalo di gedung itu penuh foto-foto pejabat Bank tersebut dari jaman baheula sampai yang sekarang seperti Dirut Bank Mandiri Arif Widodo Agus Martowardoyo.

Next trip, Museum Bank Indonesia. Dulunya gedung ini adalah bank central Belanda, De Javache Bank, sebelum akhirnya berubah jadi BI dan migrasi ke Thamrin. Kalo temen-temen beranggapan museum itu sarat dengan benda kuno, jadul, atau serem, jelas pandangan itu nggak berlaku di Museum BI. This museum so digital. Keren pisan lah pokoknya, ber-AC pula, lumayan bisa numpang ngadem hehe.. Kemudian kami solat dzuhur di musola belakang museum BI. Setelah puas makan roti buatan emaknya Ojan kami lanjut ke Fatahillah.

Di alun-alun deket museum wayang kami bertemu rombongan lain temen satu fakultas, sungguh sempit dunia ini kawan =D. Kami masuk museum Fatahillah, masing-masing bayar seribu, tapi semua di kasih tiket rombongan seharga 750. 250nya ditilep, kalikan aja sama ratusan atau ribuan pengunjung setiap bulannya?? Lumayan lah ya pak hasil korupsinya!! Museum Fatahillah hari itu begitu padat merayap. Di balik kusen-kusen jendela museum terlihat pasangan muda-mudi asyik pacirun, jelas membuat para jomblowan rombongan kami bersungut-sungut iri memaki.

Setelah puas berfoto-foto dengan patung Hermes, meriam Si Jagur, dan lukisan-lukisan yang entah siapa tokoh di dalamnya, dan sampai kehabisan gaya berfoto, kami pun melangkahkan kaki ke warung tenda untuk santap siang menjelang sore. Semua pesen makanan, nasi gila, mie ayam, sate padang, dll. Saya sendiri bawa bekel dari rumah, nah supaya gak keliatan numpang-numpang amat saya mesen teh botol doang. Dari Tupperware berwarna orange gonjreng tercium aroma nasi goreng, tidak lupa air minumnya. Ah baik sekali ibu saya ini, nggak mau buah hatinya kalah sama tamasya anak TK rupanya. Setelah kenyang, dan museum-museum mulai tutup, kamipun pulang membawa kenangan.. see u..

13 comments:

  1. we..ajarin buat poto yg berserakan ky diatas...

    ReplyDelete
  2. kemaren kan gw udah kasih photoshop/corel kan yak?
    bikin aja framenya dulu, terus tinggal di crop-crop.. terus jadi dah, gampang khan..

    ReplyDelete
  3. kota tua emang selalu mempesona!!
    :)

    ReplyDelete
  4. di Semarang juga banyak bangunan tuanya kan ya joe, kapan2 aku mo main ke sana aah..

    ReplyDelete
  5. Lho kenapa joblowan bersungut liat orang pacirun? Mestinya ikut senang to? :)

    ReplyDelete
  6. hihii.. intinya cuma ngiri aja paman x)
    smg kami nggak terjangkit virus susah liat orang seneng, seneng lait orang susah..

    ReplyDelete
  7. kalo pengen yang lebih berkesan lagi, pas malam bang!
    mampir yee

    ReplyDelete
  8. udah pernah denger sih ded, katanya kalo malem kota tua tuh keren. Tapi isu kalo malem-malem suka ada yang gentayangan itu bukan kamu kan ya ded hehe..

    ReplyDelete
  9. bos, ajarin agr blog gue bisa lihat orang dan ada my friend blog listnya gimana? gw ngak tahu bos..thx

    ReplyDelete
  10. gw dah mampir blog lo. Coba nuka dashbor-tata letak-tambah gadget. tinggal dicoba-coba..

    ReplyDelete
  11. haha..
    gw baru baca wee..
    maap deh kalo ai telat :D

    tapiiii..seruuuu yaaaahh wisata kota tua ituuu ;)

    ReplyDelete
  12. ^
    dasar orang tua,,sukanya yang tua-tua..

    ReplyDelete
  13. selaen suka tempat bersejarah, kita juga suka hal klasik lainnya, kayak muka antik sampean sum hehe..

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..