Wednesday, December 9, 2009

Negeri Van Oranje

“Beste studenten, het is tijd voor u naar huis te gaan. U kunt morgen terug keer. Ga naar huis, krijg wat rust. Bestudeer regelmatig elke dag. Nu kunt u naar partij gaan."

"Anak-anak rajin, udah dulu yaa, besok lanjutin lagi. Istirahat gih sono, udah malem nih. Belajar jangan main kebut! Sekarang waktunya dugem” (Perpustakaan Universitas Utrecht)

Nah itu dia sedikit dialog dari buku Negeri Van Oranje. Buku yang ngingetin gue sama dua cita-cita yang belom tertacapai: backpacking keliling eropa dan post graduate di luar negeri.

Seperti endorsement dari Andrea Hirata, buku ini emang nyenengin. Nyenengin karena ceritanya yang emang dibungkus dengan ringan dan komedik, nyenengin juga karena kita bakalan dibawa ke tempat-tempat indah di negeri van oranje juga eropa. Walopun buku ini alurnya maju mundur, dan pergerakan ceritanya dinamis banget yang gak jarang bikin gue keder, tapi tetep seru karena bakalan banyak tips di novel ini, kayak tips belajar supaya tetep berprestasi, belanja murah meriah, ndapetin rokok kretek yang super langka di Belanda, cari kontrakan murah dll.

Berikut profil tokoh2 di novel ini:

Banjar, alumnus ITB yang udah jadi eksmud, kuliah ke Belanda karena nerima tantangan dari temennya Goz yang ngeremehin Banjar “Ah, mana tahan lo balik sekolah, Jar. Lo udah gak bisa lagi bisa idup susah. Lo udah kelewat nyaman karena terlalu cepet sukses. Fren, gue berani tantang lo buat idup susah setaun aja. Kalo rela balik jadi mahasiswa miskin di negeri orang. Gue ikhlasin deh lo pacaran ama adek gue! Karena gue yakin lo gak mampu!” Demi tantangan dan demi Gita adeknya Goz akhirnya Banjar ke Belanda.

Wicak, anak kehutanan IPB, aktivis lingkungan yang menyusup di pedalaman Kalimantan buat memata-matai cukong kayu yang rajin ngelakuin illegal logging. Akhirnya jejak Wicak terendus mafia illegal logging, demi keselamatannya akhirnya Wicak diselamatkan ke Belanda sekalian kuliah lagi di Wegeningen.

Daus, anak betawie tulen alumnus FHUI yang masuk Depag lantaran dedemenannya Farah masuk Depag, tapi malang Farah malah nikah ama orang laen. Daus yang kerja di bagian humas di kirim ke Belanda oleh STUNED yang dianggap mampu menjembatani dunia Islam dan Barat. Atas rekomendasi Gus Dur yang merupakan temen engkongnya Daus bernagkat kuliah ke Utrehct Belanda.

Lintang, wanita jago tari, berangkat ke Belanda gara-gara polis asuransi atas namanya yang sedianya diperuntukkan buat biaya nikahan gak jadi lantaran tiap pacaran putus melulu. Jadilah uang tersebut dipake buat kuliah di Universitas Leiden.

Geri, anak konglomerat asal bumi pasundan S1 di Belanda, dan papinya minta lanjutin S2 bisnis di Den Haag.

Kelima anak tersebut ketemu gak sengaja pas kejebak cuaca buruk di stasiun Amersfort. Kemudian kelimanya bikin geng Aagaban. Kerjaan mereka chatting dari malem ampe pagi menjelang, saling ngunjungin ke kota masing-masing. Sampai akhirnya tumbuh rasa sayang, satu bunga empat kumbang begitulah kira-kira analoginya. Di bagian akhir ada titik klimaks yang gak terduga soal percintaan di antara mereka, apa itu? Silahkan baca sendiri yaa.. hehe.. =D

10 comments:

  1. buruan dibeli siapa tau ntar ello jalan-jalan ke belanda hehe.. =D

    ReplyDelete
  2. Semoga Sukses Segala Kinerjanya

    Terus Berkarya
    ----------------->

    Salam musik Indonesia

    band ternama, directory pop, lirik pop, lagu pop, pop lyric, free pop lyric, lirik

    pop gratis, kumpulan lirik pop, lirik pop melayu, tembang pop lengkap ada di

    http://popindonesia.co.cc

    Selamat Bersenandung Ria
    ------------------------------

    Salam Dangdut

    goyang dangdut, directory dangdut, lirik dangdut, jago dangdut, dangdut lyric, free

    dangdut lyric, lirik dangdut koplo, direktori lirik dangdut, hot dangdut lengkap

    bisa dikunjungi di http://goyangdangdut.co.cc

    Salam Dangdut
    ---------------------

    Salam Sastra

    Kumpulan Puisi Acep Zamzam Noor, Artikel Budaya, Artikel Sastra, Artikel Sosial,

    Artikel Seni, Lukisan Acep Zamzam Noor dapat di update pada Blog

    http://acepzamzamnoor.blogspot.com

    Selamat Berapresiasi
    ----------------------------


    Salam Karya

    Kumpulan puisi, Kumpulan Cerpen, Artikel Bebas, Gita Lirik, Otodidak Computer

    silakan kunjungi di http://kobongsastracipasung.blogspot.com

    Selamat Berapresiasi
    ------------------------

    Terima Kasih

    ReplyDelete
  3. jd sdki inget ma 5cm,,satu bunga dg 4 kumbang,,jadi pengen baca ik,,auauau

    ReplyDelete
  4. oiya dulu pernah baca 5cm, tapi gak rampung, jd pengen ngelanjutin ni rul..

    ReplyDelete
  5. asik ya we novelnya..
    semakin ingin study abroad nih..
    hehe..
    btw kapan kita barter lagi?
    we..tuh negeri van oranje lo taroh di loker gw aja yaa..inget kan lo nomor brp?
    ntar kalo gw ke kampus, perahu kertas lo, gw taro situ juga..
    jadi kaya kotak pos dah tuh loker..
    secara ga ada kuncinya :D
    lumayan buat barter2 barang..
    huehue

    ReplyDelete
  6. beres neng macil, kita manfaatkan tuh loker rahasia hihii..

    ReplyDelete
  7. oh iya, gw pengen bgt baca novel negeri lima menara, kalo ada yg punya sudi kiranya minjemin ke gw, maklum budget beli buku terhisap ongkos skripsiong..

    ReplyDelete
  8. Beste Awe,

    Makasih banyak ya reviewnya buat Negeri Van Oranje! Sebagai alumni FISIP UI sepuh juga, gue ikut seneng ni buku bisa dinikmati sesama jebolan almamater hehehehe. Dipinjemin ke temennya yang banyak ya, biar mereka juga tertarik baca wkwkwkwkwk

    met warme groetjes,

    Nisa Riyadi

    ReplyDelete
  9. @Nisa: Baiklah, Meneer Awe akan segera laksanakan hehe.. Nice to know you.. =)

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..