Saturday, October 3, 2009

Usir Dementor dengan mantra Petronus-mu


Ada yang tau siapa Joanne Kathleen Rowling ? Ya, dialah wanita brilliant dengan daya khayal hebat yang nulis 7 sekuel novel Harry Potter. Gue sendiri suka ama konsep-konsep yang dia buat. Ada Sapu Terbang lah, ada Jubah Gaib yang bisa bikin kita ngejitak orang sembarangan tanpa ketauan, ada Horcrux yang bisa nyimpen nyawa, Games Quidditch, juga mantra-mantra keren yang dia karang.

Beberapa mantra yang gue tau: Wingardium Leviosa!, Impedimenta!, Convirgo!, Avada Kedavra!, dan juga mantra Petronus. Masing-masing mantra punya kegunaan berbeda, termasuk mantra Petronus. Nih mantra berguna banget buat ngusir Dementor. Tau khan siapa Dementor? Dementor, penjaga penjara Azkaban yang bisa menghisap harapan dan kebahagiaan. Saking seremnya, penjahat sihir kelas berat pun jadi ciut nyalinya kalo harus berurusan sama Dementor.

Di buku “Magical World of Harry Potter “, Diceritain kalo Dementor yang dibuat J.K Rowling dalam karyanya merupakan gambaran dari Depresi, yang pernah ia alami sendiri. Jadi, ternyata Dementor nggak hanya ada di cerita Harry Potter. They live in real world. Dialah penghisap harapan dan rasa bahagia yang bisa dateng dalem bentuk depresi, suntuk, males, mati gaya, pesimis, yah apapun itulah namanya.

Nah, satu-satunya cara buat mengusir Dementor, Harry mesti ngeluarin mantra yang bernama Patronus. Untuk ngeluarin mantra Patronus dengan baik, Harry harus mengingat hal-hal yang bikin dia bahagia sambil mengarahkan tongkat sihirnya ke Dementor.

Tiap orang pasti punya masalah, included me, dan nggak jarang tuh masalah bisa bikin kepala kita mumet, perasaan down, dan hopeless.. Dan akhir-akhir ini, hidup gue kayak digerayangin terus ama Dementor. Banyak pikiran yang ngeganggu, bikin gue down, gak napsu ngapa-ngapain, jadi gak seneng, dan di saat seperti inilah gue mesti ngeluarin mantra Petronus gue.

Nah, ini dia beberapa mantra Patronus gue, atau dengan kata lain,
hal-hal bahagia yang gue pikirin atau gue lakukan buat ngusir Dementor gue:
1. Berkelana ke Gramedia, ngubek-ngubek buku (beli atau nggak itu soal belakangan hehe..)
2. Ndengerin musik cadas semacam My Chemical Romance, Netral, dll.
3. Nonton film, comedy especially. Rame-raame lebih seru, biar ngakak bareng!!
4. Bebek panggang, martabak telor, jus alpuket sluuurrp ahh.. =p
5. Mengingat masa kejayaan gue di kampus: SENAT, HM, LDMK
6. Melanglang buana di jagat maya, Twitter, Facebook, Kaskus, Blogspot, Youtube, Deviantart..
7. Mbayangin jaman SD dan TPA, saat masih jadi anak soleh nan polos yang kerjaannya saban hari ketawa-ketiwi.
8. Nangkring di atas loteng rumah gue, ngeliat menara masjid kubah emas with sunset background. (Don’t try this at home!!)
9. Mbayangin kepala gue diusap-usap ama Ibu, ohh nikmatnyaa.. I love u mum..^,^

Gak selamanya kita ada di posisi bawah, Gak selamanya nasib kita jelek melulu. Makin kita dramatisir, makin kita larut makin nggak berani kita ngadepin semuanya, makin sulit kita ngelewatin keterpurukan kita. Dengan mengingat-ingat hal yang bikin kita seneng. Kita jadi tau kita pernah bahagia, dan kita harus raih itu kembali. Yup, I will get my spirit back.

Apa mantra Patronus kamu?

6 comments:

  1. gw hampir mirip sih we, tapi yang paling sering gw lakukan adalah berpergian ke suatu tempat sendirian, memperhatikan setiap hal/orang yang gw temuin (terkadang membuat cerita sendiri tentang masing2 orang yg gw temuin) lalu merenung tentang betapa beruntungnya hidup gw.

    ReplyDelete
  2. Sama banget we..
    gw punya dua mantra patronus yang paling ampuh, mulai dari nge drop waktu kuliah, skripsi, kerja bareng temen, percintaan, miskin, atau nganggur kayak sekarang.

    pertama, gw ngebayangin masa indah yang akan gw lewatin kalo gw berhasil laluin yang sekarang.

    kedua, pergi ke tempat entah dimana dan bersyukur. beruntung gw ada di Indonesia dengan 3/4 penduduk miskin. Jadi gw bisa lebih banyak ngambil pelajaran saat gw pergi2an.

    ReplyDelete
  3. meminjam istilah Opera Van Java "Benang Merah" dari si Tulus @ Bob Marley Heliana: sebenarnya mantra petronus ada di mana2 andai aja kita mo memungutnya.

    Terlalu naif kiranya kalo kita terlalu larut, sementara di sekeliling kita masih banyak yg lebih miris. yg Miskin.. yg Cacat.. Kelilit utang.. so many lah..

    Mari kita tendang-tendangin tuh Dementor, wokeh..

    ReplyDelete
  4. wah susah deh we, kayaknya saya bakalan kena digigit sama para dementor. karena rasa senang menurut saya relatif..

    btw, bebek panggang nya boleh juga tuh; bagi dong :D

    ReplyDelete
  5. hmm,,
    mantra patronus eike apaan y???

    klu lagi drop, eike biasa mengunci diri dalam kamar, trus stel musik keras2, joget2 sambil ngaca.
    jadi gila sendiri.
    dan kadang akting di depan kaca, pura2 jadi orang lain yang lebih sial daripada eike. pura2 nangis.
    pura2 ngomel(nggak pake suara tapi-nya,waha)
    kemudian eike bakal baik dengan sendirinya.

    ReplyDelete
  6. @ Ocal: ah lo mah dari dulu emg absurd..
    eh disono ada bebek panggang yg enak gak? inget cal jagn tergoda ama yg haram-haram hehe..

    @ Ruli : wah ini jurus petronus yg paling nyeleneh yg pernah saya temuin.. kayaknya patut dicoba, siapa tau mujarab.. =D

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..