Monday, October 26, 2009

Tukang fotokopi

Jangan sembarangan milih tempat photocoy!! salah pilih bisa berimbas ama masa depan temen2 (lebay dah).
Gak percaya?? Gini ceritanya, gue khan lagi skripsian, berhubung gue make metode kuantitaif yang make kuesioner, gue jadi rajin ngerevisi kuesioner dan pastinya gue fotokopi sejumlah responden yang ada.

Di siang hari yang lengas gue mampir toko buku Sederhana di Jalan Nusantara Depok, gue beli souvenir buat responden2 gue di telkom yang sudi ngisi kuesioner gue. Kuesioner gue sendiri entah udah berapa kali di revisi. Pembimbing gue lah gak setuju, supervisor di Telkom lah yang gak sreg, uji validitasnya lah gak tepat, dan rintangan2 lainnya. Sampai akhirnya hari itu kuesioner gue udah fix!!

Gue milih tempat fotokopi di pasar itu tetangga si toko buku tadi, dari neon box yang mentereng bertuliskan Selex Photocopy kayaknya cukup meyakinkan, dari pada gue harus mampir-mapir lagi buat fotokopi, wasting time. "Mas fotokopi ya 30x" (1 kuesioner ada 4 halaman).

Si abang fotokopi ngetes beberapa kali, rupanya dia agak keder ama kuesioner kertas bolak-balik gue, pas udah dicopy dia bilang "mas pake kertas folio aja ya, A4-nya abis", "Ya udah gak papa mas, ntar dipotong aja kalo dah selesai". Tiba-tiba mesinnya macet-dibongkar-jalan lagi-macet lagi dst..tau2 udah 20 menit berlalu.

Pas udah selesai, gue liat hasil kopiannya.. Astaghfirullah.. tulisannya gak jelas dan banyak garetan-garetan, "Loh kok begini mas!", si abang njawab sekenanya "Oh iya emang begitu" (gak solutif sama sekali). Karena gue uda buru2 karena ada janji ama orang telkom, ya uda lah gue langsung bayar aja, dan harga kopian bolak-balik itu Rp.300/lembar, aje gile udah berantakan mahal pula!! (tentu gue gak ngomong di depan muka tuh orang, hanya membatin).

Gue sangat gak enak ati kalo responden gue (karyawan telkom) yg udah gue recokin ama kuesioner gue, masih harus gue pusingkan ama tulisan kuesioner gue yang gak jelas, kalo dia bad mood? ngisinya asal-asalan? hasil kuesioner gue ngasal dong? kesimpulan skripsi gue ngaco dong? haaarghgh..

Berhubung dompet gue hanya tebal sama kartu rental film, tapi duitnya cekak, buat ngefotokopi lagi gue pake harus ke ATM dulu, cangih bukan?!?! Abis dari ATM gue ke tukang fotokopi langganan gue, Sima Phoyocopy di deket pintu Kukuksan UI. Selembar Rp 150, setengah dari harga tukang fotokopi yang pertama, soal hasil jauh lebih baik..

Nah, kerjaan jadi tukang fotokopi emang gak sembarangan, selaen harus sabar ngadepin kilatan cahaya dari tuh mesin fotokopi yang bikin mata panas, dia juga harus cekatan, dan sebagai konsumen kita juga harus jeli.
- Pastikan harga kopian di tempat itu berapaan.
- Pastikan kualitas hasil kopiannya (seenggaknya masih bisa dibaca lah)
- Kalo bisa cari orang yang cekatan biar kalo kita buru-bueu nggak bikin gondok!

Selamat berfotokopi ria =D

3 comments:

  1. Pertama2 gw mau apriciate dulu blogmu yg memajang link blog gue.
    Back to the topic: betul kita mesti jeli nyari t4 fotokopian, ya supaya kualitas kopian sesuai yg kita inginkan.
    Eh ngomong t4 fotokopi, gw juga pux pengalaman buruk. Di dekat rumah gue kan t4 fotokopi, yg gue nggak suka tuh pegawainya. Udah wajahnya hitam, suka sebel ma pelanggan yg byk maunya trus suka melanyani pelanggan dng wajah kesal. Untung dia tuh kakak tingkat gue di kampus kalo nggak dia udah gue bejek2 kali. Jd setiap mau ke t4 fotokopi itu gue mesti liat tuh orang, kalo ada dia, haram bagi gue fotokopi di t4 itu!
    Tp tips lo asik juga!

    ReplyDelete
  2. practice makes perfect we..
    tu abang2 300-an ga pernah magang kali.. jadi ga perfect.. =D

    ReplyDelete
  3. gue jadi pngen nulis soal visi melayani dah, menurut gue ini penting. mo lo pegawai kelurahan, receptionist perusahaan bonafide, tukang pecel sekalipun..

    Senyum yang bersahabat, tegur sapa yang ramah, jujur dalam bersikap, toh akan berbalik keuntungan bagi dirinya sendiri kok..

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..