Sunday, September 27, 2009

The Pattern of Idul Fitri


Tepat seminggu yang lalu kita ngerayain Idul Fitri 1 Syawal 1430 H. Tapi ada pertanyaan yang ngeganjel gue sampe sekarang. Kenapa ya, lebaran belakangan ini nggak se-excited kayak waktu gue kecil. Jaman gue kecil kayaknya lebaran tuh nendang banget, gegap-gempita, so euphoria lah pokoknya. Tapi sekarang beda, gue pun punya beberapa perkiraan :

1.Karena udah nggak ikutan maen petasan (maen petasan tuh seru lho.. bener deh, apalagi kalo ada yang sampe rumahnya kebakaran pasti rame banget !?!?).

2.Karena udah nggak ikutan bedug keliling mbangunin orang sahur lagi (gimana mau mbangunin orang, lha wong Ramadhan kemaren aja sempet puasa tanpa sahur,, bablas ketiduran!!).

3.Karena udah nggak dapet angpao lagi (malu dong khan udah gede..).

4.Karena nggak beli baju baru lagi pas lebaran (beli bajunya kapan aja deh kelo sempet, biar gak ikutan bejubel).

5.Karena gue udah begitu mendalami makna puasa Ramadhan dan Idul Fitri sampai sebegitu khidmatnya.. (kalo yang ini agak dipertanyakan xp ).

Ya, itu semua cuma perkiraan, tapi gue punya dugaan kuat apa sebab-musababnya. Selain aktivitas seru yang udah nggak gue lakuin lagi, sebab lainnya ialah pola yang monoton, baik yang gue lihat, gue denger, gue rasa.

Menjelang bulan puasa Band cemen sekalipun pada buat album religi, sinetron berating rendah sekalipun bikin edisi Ramadhan. Memasuki pertengahan Ramadhan jamaah solat teraweh kian menyusut, pusat perbelanjaan bersiap panen raya. Semakin deket lebaran disajikan info mudik dan keributan Depag, MUI, Ormas nentuin kapan lebarannya.

Pas hari lebaran gue udah hafal rute silaturahmi di lebaran hari pertama, bahkan gue mulai hafal menu yang disajikan. Rumah Pakdhe A biasanya masak ini-itu, Budhe B bikin kue ini-itu, Pakdhe C, Budhe D, dst. Namun satu persamaan mereka, memaksa gue makan!! “Ayo mas, ini kuenya budhe sendiri lho yang bikin”, “Itu rendangnya empuk lho, cobain deh”, “Ayo mas mumpung masih anget opornya, mau ngambil sendiri apa diambilin?” perut gue overload!!! =’(

Pasca lebaran adalah masa kejayaan bocah ABG, dengan kaos kedistro-distroan, dan jeans super ketat, super lancip (sampe-sampe gue bingung, itu kalo kebelat apa nggak repot yah??), tempat rekreasi dan mall pun didominasi olehnya. Dan biasanya akan ditutup oleh berita arus balik, dan operasi yustisi, urbanisasi tak terbendung!!

Reporter lebay : “Sodara pemirsa tidak hanya di Ragunan dan Taman Mini, tapi di Ancol juga dipadati oleh pengunjung, kemacetan pun terjadi di pintu masuk” si reporter memberitakan udah kayak ada ufo mendarat di monas ajah.

Menurut gue baru jadi hot news kalo ternyata, Ragunan, Ancol, dan Mall sepi kayak kuburan. Niscaya wartawan Silet langsung menuju TKP mencari tau sebab-musababnya, dan akan disajikan satu jam bersama Fenny Rose!!

***

About Forgiveness
Ada hal yang menurut gue begitu sakral, dan gak bisa dijadiin sekedar rutinitas taunan penuh basa-basi tanpa ketulusan, meminta maaf dan memaafkan! Gue masih inget cuplikan perkataan khotib shalat Ied kala itu.

Satu riwayat menjelaskan bahwa pada suatu ketika selesai sholat Ied, Rasululloh mengucapkan Amien tiga kali, Para sahabat lantas menanyakannya. Rasululloh menjawab, begini wahai para sahabatku, selesai shalat Ied tadi, datang malaikat Jibril kepadaku kemudian berkata : "Ya Muhammad, saya ingin berdo'a kepada Allah, maukah engkau mengaminkannya ?", Rasul menjawab: “Labbaik Ya Jibril, Ya silahkan Jibril, dan aku akan mengaminkannya”.

Nah apa do'a Malaikat Jibril tersebut ?, mari kita simak bareng-bareng.
Yang pertama: "Ya Allah pada hari 1 Syawal ini, saya mohon jangan engkau terima puasa dan ibadah anak yang durhaka kepada orangtuanya " Nabi langsung mengucapkan Amien…

Kemudian yang kedua: "Pada hari 1 Syawal ini, saya mohon kepadamu Ya Allah, jangan engkau terima puasa dan ibadah suami-isteri yang tidak saling mema'afkan " Amien ... sahut Nabi.

Dan yang ketiga : "Ya Alloh, pada hari 1 Syawal ini, saya mohon kepadamu, jangan engkau terima puasa dan ibadah seorang muslim yang tidak mau memaafkan saudaranya sesama muslim" dan Nabi pun kembali meng-aminkannya.

“Ya Allah, terima dan sempurnakanlah amal ibadah puasa Ramadhan kami. Jagalah diri ini untuk tetap mengingatMu, beramal untukMu di bulan-bulan berikutnya. Pertemukanlah lagi kami pada Ramadhan berkiutnya. Berikanlah diri ini keberanian, untuk mengakui kesalahan dan meminta maaf. Bukalah pintu hati ini untuk ikhlas memaafkan..

Minal Aidin wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir Batin..

3 comments:

  1. hu-um,,
    hal2 kcil yg dulu bikin excited,skrng blalu tnpa ada rasa,,
    pngen pny perasaan kyk ank kcil lg,tnpa brubah jd ank kcil,tnpa mjd kkanak2an,,
    pngennya yg alami,,waha

    ReplyDelete
  2. gw jadi inget pas kecil kita itu mau temenan sama siapa aja walaupun yang baru kita kenal sekalipun, kalau berantem dan musuhan juga besoknya udah baikan lagi.

    happy ied we, maaf lahir batin..

    ReplyDelete
  3. setelah ngobrol ngalor-ngidul ternyata banyak yg kengen masa kecil,, umur yg bertambah menuntut kita lebih dewasa, serius & b'tanggung jwb kawan..
    Ben Parker, pamannya si Spider-Man bilang: “with greater power comes great responsibility.” =)

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..