Saturday, August 15, 2009

Ada di Panggung sebelah mana Anda ?


Ngomongin soal panggung, jelek jelek begini gw juga pernah manggung. Bukan sebagai anak Band yg pasti, maklum suara gw fales kemampuan bermusik pun dodol hehe..

Dulu pas SD gw pernah maen lenong bocah, nah pas SMA gw suka ikuan maen drama bareng anak-anak Rohis. Tentu di kedua panggung itu bukan lah gw yang sebenernya. Pura-pura jadi orang laen. Lagunya Nike Ardila ama om Dedy Dores pas banget buat gambarin situasi ini (Panggung Sandiwara).

Nah, tadi pagi gw baca koran Kompas, tiap jumat kompas memunculkan tokoh tertentu yang ngejawab pertanyaan-pertanyaan dari penanya (ya iyalah!). Maksudnya Kompas memfasilitasi dialog ini untuk kemudian dimuat di surat kabar. Edisi kali ini adalah giliran Nurul Arifin.

Terus hubungannya apa sama panggung-panggungan!!??
Begini, jadi, ada yang nanya sebenernya Nurul Arifin pengen jadi apa sih, interest-nya apa sih, si penanya tsb mengkaitkan Nurul dengan profesi lamanya yang suka maen fil 'panas'. Udah bisa ditebak pasti tante Nurul gak mo dong dibilang begitu. Dia bilang itu bukan film panas, tapi hanya berpakaian sexy sesuai konteks. Dia juga mengutip teori dramaturginya Goffman kalo manusia bisa berubah dan dia hanya menjalani peran, terutama perannya sekarang sedagai politikus yang dulu ya dulu.

Teori Erving Goffman (1922-1983) inilah yg menarik buat gw, teori dramaturgi alias dunia adalah panggung sandiwara. Dramaturgi kental akan pencitraan kesan dan permainan peran. Satu saat kita bisa ada di depan panggung menampakan kepada khalayak seperti apa kita, dengan berbagai polesan dan aksesoris yang menarik. Di satu sisi kita ada di belakang panggung, dimana ruang tersebut lebih privat, lebih personal, jujur dan apa adanya. Apakah kita orang yang sama di depan ataupun di belakang panggung?? hmh.. just be your self..

4 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. huaa yang atas ke dilet.. hahha maklum gw gagap teknologi hihi


    mengganti link blog, agar menjadi lebih mencerminkan kepribadian, bisa jadi upaya agar lebih menjadi diri sendiri yah..hihihi :D

    ReplyDelete
  3. salah tuh.. itu teori yang ngeluarin achmad albar.. hahaa

    ReplyDelete
  4. @smita: maksudnya yg awe dodol yak hehe..

    @ikan: ah mentang-mentang sama-sama kriting xp

    ReplyDelete

terima kasih untuk komentarnya..