Cuma mo share ni.. seorang teman di UI Depok baru saja kehilangan hampir seluruh uang di rekeningnya. Malam itu gw nganterin dia, tiba-tiba pas dia cek saldo uangnya di ATM tinggal sekian puluh ribu rupiah dari berjuta-juta yang ada. Ternyata setelah di cek melalui internet, uang rekeningnya tersedot oleh orang lain. Dari catatan rekening koran ternyata dari nomor (kalo ga salah) yaitu 081338982126 dan 08133888555 (nomor simpati) padahal itu bukan nomor hp temen gw..
Malam itu juga kita telpon call center bank BUMN terkemuka tersebut, tapi operator menjamin bahwa keamanan banknya tidak mungkin dijebol dan mengira ini hanya kelalaian nasabah. Masalahnya temen gw hanya aktivasi sms banking untuk cek saldo dan gak pernah aktivasi internet banking, apalagi transaksi online.
Akhirnya kami lapor ke polres depok. Seorang Polwan ternyata sulit sekali dijelaskan layanan fasilitas sms/internet banking, dia malah cuma nasihatin supaya lebih hati-hati. "ah kejadian ini sih sering bahkan yang puluhan juta ada kok!!" memang saldo rekening tmen gw jumlahnya nggak fantastis dan mungkin nggak cukup worthy untuk diselidiki polisi dan akhirnya menggantung tidak jelas.
Besok siangnya kami ke bank tersebut di lingkungan UI Depok. Kesimpulannya, Customer Service mengira ini kelalain nasabah dan ia tidak tahu manahu dan hanya menyarankan pemblokiran dan membuat rekening baru,yang udah ilang ya udah diikhlaskan saja, dan tak usah diusut modus dan siapa penjahat/oknum di balik petaka ini.. hmmh...
Malam itu juga kita telpon call center bank BUMN terkemuka tersebut, tapi operator menjamin bahwa keamanan banknya tidak mungkin dijebol dan mengira ini hanya kelalaian nasabah. Masalahnya temen gw hanya aktivasi sms banking untuk cek saldo dan gak pernah aktivasi internet banking, apalagi transaksi online.
Akhirnya kami lapor ke polres depok. Seorang Polwan ternyata sulit sekali dijelaskan layanan fasilitas sms/internet banking, dia malah cuma nasihatin supaya lebih hati-hati. "ah kejadian ini sih sering bahkan yang puluhan juta ada kok!!" memang saldo rekening tmen gw jumlahnya nggak fantastis dan mungkin nggak cukup worthy untuk diselidiki polisi dan akhirnya menggantung tidak jelas.
Besok siangnya kami ke bank tersebut di lingkungan UI Depok. Kesimpulannya, Customer Service mengira ini kelalain nasabah dan ia tidak tahu manahu dan hanya menyarankan pemblokiran dan membuat rekening baru,yang udah ilang ya udah diikhlaskan saja, dan tak usah diusut modus dan siapa penjahat/oknum di balik petaka ini.. hmmh...
hmh.. kita emang kudu ati-ati..
ReplyDeletejaman makin canggih, kejahatannya juga makin canggih..